Artikel

Masturbasi (Onani), Dosakah???

 238 total views,  3 views today

Hei OMK (Orang Muda Katolik) jangan sampai pernah melakukan onani ya. Jika sudah pernah segeralah bertobat. Sebab sebagai pengikut Yesus Kristus dalam Gereja Katolik yang Kudus, kamu sangat tidak boleh melakukan itu. Kamu harus menguduskan tubuh dan jiwamu. Tanya mengapa?
Dalam Kitab Suci Perjanjian Lama tepatnya Kitab Kejadian terdapat kisah tentang onani. Hal ini dikemas dalam suatu kisah tentang seseorang yang bernama Onan. Onan ini memiliki kakak bernama Er, tetapi mati karena jahat dimata Tuhan. “Lalu berkatalah Yehuda kepada Onan: ‘Hampirilah isteri kakakmu itu, kawinlah dengan dia sebagai ganti kakakmu dan bangkitkanlah keturunan bagi kakakmu’. Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberi keturunan kepada kakaknya. Tetapi yang dilakukannya itu adalah jahat di mata TUHAN, maka TUHAN membunuh dia juga” (Kej 38:8-10). Berdasarkan pandangan umat Perjanjian Lama ini, pimpinan Gereja katolik kemudian mengajarkan bahwa:
  1. Pada dasarnya, membuang mani/sperma di luar hubungan seks suami-isteri merupakan suatu tindakan yang tidak layak;
  2. Maka pada dasarnya onani tidaklah layak dilakukan;
  3. Meskipun demikian, onani yang terjadi “tanpa disengaja”, misalnya karena adanya problem-problem psikis, tidaklah selalu merupakan suatu perbuatan yang secara moral jahat.
Hei OMK sudah jelas bukan? Sudah tahukan apa yang yang layak kamu lakukan dan mana yang tidak layak? Yang bertelingan hendaklah mendengarrr! Pace e Bene!

Leave a Reply