OMK KAMRenunganWorld

KAMU HARUS MEMBERI MEREKA MAKAN

 305 total views,  3 views today

(MB 18/A: Mat 14:13-21)

“Kamu harus memberi mereka makan!” kata yesus kepada murid-muridNya. Apakah Yesus sedang marah karena para murid tampakya lepas tangan dengan masalah yang sedang terjadi? Tapi di satu sisi bagaimana mungkin para murid sanggup memberi 5000 orang makan pada situasi itu? Ternyata melalui ungkapan itu Yesus Kristus mau menyampaikan pesan-pesan ini kepada para muridNya. Pesan Pertama adalah: mereka harus senantiasa berbagi makanan, ikut bertanggung jawab atas keadaan umat yang mereka layani dan kreatif dan tidak menyerah pada keadaan demi umat.

Pesan Kedua adalah agar semua manusia mengerti kehadiran Yesus Kristus dalam bentuk Ekaristi. Kisah Injil hari ini, bahkan sebelum dituliskan menjadi Injjil, sudah digunakan dalam pengajaran dan katekese mengenai Ekaristi. Pendengar diajak mendalami makna perayaan syukuran atas penebusan (Ekaristi) sebagai sisi yang amat penting dalam hidup orang-orang yang mengikuti Yesus. Dalam Ekaristi Yesus sudi hadir bagi kita, yakni menyerahkan tubuhnya sendiri menjadi makanan sehari-hari kita. Melalui Ekaristi Dia memberi kekuatan hidup bagi kita. Mereka yang letih dan lesu akan mendapat penyegaran darinya. Dia adalah penopang hidup yang datang dari atas sana.

Pesan Ketiga adalah arti “Sisa 12 Bakul.” Siapa saja yang mau datang ke dalam Perayaan Ekaristi (ke dalam Gereja Katolik) roti (makanan) dari Tuhan tetap tersedia baginya. 12 bakul mau menunjukkan bahwa sisanya cukup bagi siapa saja dan bahkan sisanya melimpah. Ada saran bagi kita pengikut Kristus yang telah memperoleh roti itu yakni agar juga membawakan roti itu kepada mereka yang belum dapat ikut menikmati, baik yang berasal dari umat Tuhan, maupun mereka yang belum mendengar tentang kebaikanNya.

Pada setiap akhir Perayaan Ekaristi Imam (impersona Christi) berseru kepada umat, “Marilah Pergi kita diutus”. Artinya kita diutus untuk memberikan kehidupan kepada sesama kita, seperti Yesus sendiri memberikannya kepada kita. Bagaimana kita bisa menjadi pemberi hidup kepada sesama? Mohonkan berkatNya agar kamu disanggupkan, agar tidak bingung seperti para murid tadi yang tidak tahu harus melakukan apa-apa. Kita hidup untuk memberikan daya hidup kepada kehidupan bersama. Amin.

 

 

Leave a Reply