Doa dan Ngopi

APA ITU SURGA?

 370 total views,  2 views today

Doa Pembukaan

P. Marilah berdoa,

Ya Allah yang bertahta di Kerajaan Surga mulia. Engkau menghendaki kami anak-anakMu kembali hidup bersamaMu dalam kebahagiaan kekal. Maka Engkau mengutus Yesus Kristus ke dunia dan mendirikan GerejaMu untuk membawa kami kembali kepadaMu. Tambahkan iman kami, kuatkan semangat kami menapaki peziarahan suci ini. Dengan pengantaraan Yesus Kristus Tuhan kami yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus kini dan sepanjang masa.

U. Amin.

  1. MENGENAL YESUS

Memaparkan rangkuman khazanah iman dari YOUCAT No. 150-165

Apa itu Surga?

Sahabat muda sepeziarahan, berbicara tentang surga, tidak terlepas dari kebangkitan orang mati, purgatorium atau api penyucian, neraka, dan pengadilan terakhir. Kita percaya akan kebangkitan orang mati karena Kristus telah bangkit dari mati, hidup selamanya dan membuat kita ambil bagian dalam kehidupan kekal. Hal ini juga ditunjukkan Yesus lewat sabdaNya “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati” (Yoh 11:25b). Lantas apa yang terjadi pada kita setelah meninggal? Saat kematian, jiwa dan tubuh terpisah. Tubuh menjadi rusak, sementara jiwa pergi kepada Allah dan menunggu untuk dipersatukan kembali dengan tubuh yang dibangkitkan pada hari terakhir. “Aku ingin melihat Allah, dan untuk melihatNya aku harus mati” demikian kata St. Theresia Lisieux. Kemana kita setelah meninggal?

Surga, purgatorium dan neraka adalah tiga keberadaan manusia setelah meninggal. Ketiganya bukanlah tempat fisik tetapi suatu keadaan-keadaan yang berbeda satu sama lain.

Kitab suci menyebut surga sebagai tempat kediaman Allah, tempat kediaman para malaikat, tempat kediaman Kristus, tempat kediaman orang-orang kudus. Surga adalah saat-saat penuh kasih yang tiada akhir. Tiada sesuatupun yang mampu memisahkan kita dari Allah yang kita kasihi dan rindukan sepanjang hidup. Bersama malaikat dan orang kudus, kita memuji Allah selamanya. Peziarahan kita di dunia merupakan proses menuju surga. Orang-orang yang akan masuk surga adalah orang-orang yang mati dalam rahmat dan persahabatan dengan Allah dan disucikan sepenuhnya.

Purgatorium atau “tempat penyucian” adalah suatu keadaan yang diperuntukkan bagi seseorang yang meninggal dalam kasih Allah, namun masih memerlukan pemurnian sebelum dapat bertemu muka dengan Allah. Orang-orang yang sudah meninggal dan masih dalam api penyucian akan dapat masuk surga juga karena doa-doa yang tulus dari kita yang masih hidup. Api penyucian bukanlah tempat antara surga dan neraka, tetapi lebih tepat dikatakan sebagai proses masuk surga.

Neraka adalah keadaan terpisah  dari Allah selamanya, hidup abadi tanpa kasih. Jika seseorang memilih mati dalam keadaan dosa, tanpa menyesal, menolak kerahiman dan kasih pengampunan Allah yang abadi, mengeluarkan dirinya sendiri dari persekutuan para kudus. Jika Allah adalah kasih, mengapa ada neraka? Neraka adalah pilihan manusia sendiri yang tidak mau hidup bersama Allah. Dasar pemilihan manusia adalah kebebasannya yang utuh. Dan Allah menghargai keputusan setiap manusia. Sebagai pribadi pengasih Allah “tidak berdaya” ketika seseorang memilih neraka daripada surga.

Pada akhir dunia saat Kristus datang kedua kalinya akan terjadi pengadilan terakhir. Saat itu “semua orang di dalam kubur akan mendengar suaraNya, mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit menuju hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit menuju penghukuman. Demikian mereka yang ada di Surga, purgatorium, dan neraka akan diadili secara final. Semuanya hanya ditempatkan pada dua kemungkinan yakni ke surga abadi atau neraka abadi.

  1. BERBAGI PENGALAMAN AKAN YESUS
  • Sebagai OMK hal apakah yang bisa saya lakukan agar kelak saya mampu mencapai surga abadi?
  • Apakah yang harus kita lakukan agar suasana surga tercipta di dalam komunitas OMK?
  • Sebagai OMK, apakah kamu pernah membawa suasana surga ke dalam keuargamu? Jika ya, berikan contoh nyata!

Setelah peserta selesai sharing (20-30 menit), kemudian pemimpin menyampaikan rangkuman:

  • Surga dan neraka, kebaikan dan keburukan adalah pilihan kita sendiri. Apa yang akan terjadi kepada kita saat ini dan nanti adalah pilihan kita juga. Kita semua ingin mengalami suasana surga sepanjang hidup kita dan kelak masuk dalam surga abadi, itulah cita-cita dan perjuangan kita.
  • Surga bisa kita cipta dalam komunitas OMK kita, di keluarga kita bahkan dalam relasi kita dengan seseorang. Saling mencintai dan damai itulah surga. Bertutur kata dengan baik dan selalu mengutamakan kepentingan bersama harus segera kita mulai agar surga hadir di dalam hidup kita.
  1. BERJUMPA DENGAN YESUS

Mzm 15:1-5

TUHAN, siapa yang boleh menumpang dalam kemah-Mu? Siapa yang boleh diam di gunungMu yang kudus? Yaitu dia yang berlaku tidak bercela, yang melakukan apa yang adil dan yang mengatakan kebenaran dengan segenap hatinya, yang tidak menyebarkan fitnah dengan lidahnya, yang tidak berbuat jahat terhadap temannya dan yang tidak menimpakan cela kepada tetangganya; yang memandang hina orang yang tersingkir, tetapi memuliakan orang yang takut akan TUHAN; yang berpegang pada sumpah, walaupun rugi; yang tidak meminjamkan uangnya dengan makan riba dan tidak menerima suap melawan orang yang tak bersalah. Siapa yang berlaku demikian, tidak akan goyah selama-lamanya.

Renungan

Sahabat muda yang terkasih, Mazmur 15 yang disebut juga mazmur Daud ini menggambaran kualitas hidup pengikut Tuhan. Kualitas hidup seorang Kristen adalah menghasilkan kebaikan-kebaikan yang terarah keluar diri; relasi baik dengan Tuhan (tidak bercela dan melakukan keadilan dan kebenaran) dan relasi baik dengan sesamanya (tidak penyebar fitnah, berbuat jahat, tahu menempatkan diri, tidak menghina orang, setia dan juga penolong bagi sesama). Kualitas seorang kristen bisa saja diibaratkan dengan kualitas suatu barang yang berharga namun tahan dan berguna (efektif). Seorang kristen itu harus berguna dalam kehidupan bersama di dunia ini.

Jelas bahwa beriman Kristen tidak berarti hanya sebatas pada pengakuan iman. Seorang kristen harus lebih berkualitas; menjadi garam, terang, dan ragi dunia – memberi rasa enak dan sinar kebaikan.

Selain itu, mazmur ini juga menujukkan kepada kita betapa erat hubungan antara doa dan hidup, antara ibadah dan melaksanakan kehendak Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada doa dan ibadah yang benar kalau itu tidak dinyatakan dalam hidup yang sesuai dengan kehendak Allah. Kesungguhan ibadah Kristen terletak dalam aksi kasih. Kasih harus mendukung ibadah kita, dan sebaliknya ibadah harus bermuara dalam kasih. Kasih Kristus harus selalu menjadi sumber pertobatan kita setiap kali kita datang menghadapNya dalam doa dan ibadah.

Doa Permohonan: Bagi Orangtua Khususnya Para Ibu, Para Anak, Para Pecinta Maria, OMK KAM.

  1. MENYATAKAN YESUS

Usul aksi nyata:

  • Berdoa setiap bangun pagi.
  • Berbuat satu kebaikan, seperti membersihkan rumah setiap hari.
  • Menjauhkan pikiran dan perkataan kotor.

Doa Penutup

P. Marilah berdoa, Ya Allah terima kasih telah memberikan Maria kepada dunia sebagai ibu Tuhan Yesus dan ibu kami. Dia telah meneladankan cara beriman yang benar kepada kami. Sanggupkan kami dengan bantuan Roh KudusMu menuruti kehendaknya. Agar permintaan kami kepada puteraMu terkabulkan sebagaimana Ia mengabulkan permintaan Maria pada peristiwa perkawinan di Kana di Galilea. Demi Kristus Tuhan dan pengantara Kami yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.

U. Amin.

Leave a Reply