Doa dan Ngopi

MANUSIA BERSAMA SANG CINTA

 495 total views,  4 views today

Doa Pembuka

P.          Marilah berdoa,

              Ya Bapa yang Mahapengasih,

U.          Kami bersyukur atas segala hal yang telah kami alami

P.          Kami mohon hadirlah senantiasa bersama kami,

U.          Dan penuhilah hati kami dengan cinta kasihMu

P.          Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan meraja bersama Dikau, dalam kesatuan dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa.

P+U.     Amin

1. MENGENAL YESUS

Memaparkan rangkuman khasanah iman dari YOUCAT No. 35-43.

Manusia Bersama Sang Cinta

Allah adalah Cinta Kasih! Demikianlah ungkapan St. Agustinus setelah menemukan hakikat Allah dalam permenungannya. Tidak dapat disangkal bahwa setiap orang yang percaya kepada Allah akan hidup di dalam Cinta Kasih dan membawa Cinta Kasih itu kepada siapa dan apapun di mana dia berada.

Manusia mendambakan Cinta itu. Karena Cinta itulah membuat manusia terus berjuang dalam hidup dan menjadi selamat. Apapun yang kita lakukan adalah karena cinta; entah karena cinta diri atau cinta keluarga, cinta sesamanya, cinta akan imannya, dsb. Cinta inilah yang membawa manusia kepada keselamatan yakni damai dan sukacita, saat membagi cinta dan pada akhirnya menerima cinta.

Manusia selalu hidup bersama Sang Cinta, yakni Allah, yang memenuhi bumi dengan cintaNya. Manusia boleh menyangkal Allah, tetapi Allah tidak dapat menyangkal diriNya sebagai Sang Cinta. Bapa menciptakan dan memelihara, Putera menebusnya dan Roh Kudus melindungi dan menjaganya. Untuk itu Allah, yakni Kristus, mati bagi orang yang menyangkalNya dan bagi orang yang percaya kepadaNya.

Allah tidak ingin kehilangan ciptaanNya. Allah ingin dunia, manusia tinggal bersamaNya, tinggal bersama Sang Cinta sejati. Hendaklah manusia selalu menyambut Cinta Allah dan hidup di dalam Cinta itu.

2. BERBAGI PENGALAMAN AKAN YESUS

  • Pernakah kamu mengalami cinta Allah? Kapan dan dalam bentuk apa?
  • Apa yang kau lakukan untuk menanggapi cinta Allah itu?
  • Gambarkanlah dengan sepatah kata atau dengan satu kalimat bahwa Allah itu adalah cinta?

Setelah peserta selesai sharing (20-30 menit), kemudian pemimpin menyampaikan rangkuman:

  • Allah adalah Sang Cinta. Setiap orang yang mengenalNya akan hidup di dalam Cinta pula.
  • Cinta selalu menuntut pengorbanan untuk yang dicintainya.
  • Tanpa cinta, hidup kita hanya akan dihantui oleh kekacauan.

3. BERJUMPA DENGAN YESUS

1 Yoh 4:1-21

Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia. Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.

 Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan. Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus AnakNya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup olehNya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus AnakNya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.

Tidak ada seorang pun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasihNya sempurna di dalam kita. Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam RohNya. Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus AnakNya menjadi Juruselamat dunia. Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini. Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.  Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita. Jikalau seorang berkata: “Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.

Renungan

Saat ini, Allah sedang membangun suatu Kerajaan Cinta bagi kita. Dalam kerajaan cinta itu hanya ada kebahagiaan. Orang salah dimaafkan, orang lupa diingatkan, orang sesat dituntun kejalan yang sebenarnya. Tidak ada kebencian, dendam, iri, dan dengki. Yang ada ialah tawa ria, senyuman bahagia dan kemesraan antara yang satu dengan lainnya.

Mungkinkah dalam kelompok OMK ini hal itu terjadi? Sangat mungkin. Tidak ada yang mustahil bagi kita karena iman kepada Allah. Akan tetapi, itu sebuah proyek besar -proyek cinta yang mengagumkan. Semua orang mendambakannya, akan tetapi banyak orang tidak memahami maknanya lalu mengkhianatinya.

Kerajaan cinta akan hadir di tengah-tengah OMK bila OMK saling percaya, membantu, memperhatikan, memaafkan, menolong dan sebagainya. Bukan kelompok OMK yang egois, pemarah, ingin menang sendiri, kekanak-kanakan dan pendendam, akan tetapi OMK yang dapat mewujudkan kerajaan cinta itu.

Dalam kerajaan cinta, hukum tetap ada. Akan tetapi hukumpun akan tunduk kepada cinta kasih. Yesus berkata, cinta kasih adalah hal yang terbesar dalam hidup kita.

Doa Permohonan: Bagi Pemimpin Negara, Pemimpin Gereja, OMK KAM, OMK Paroki Kita.

4. MENYATAKAN YESUS

Usul aksi nyata:

  • OMK berdamai dan saling memaafkan jika ada yang kurang rukun.
  • OMK belajar mencintai sesama dan Gereja dengan aksi terlibat dalam kegiatan gereja.

Doa Penutup

P.          Marilah berdoa,

              Bapa yang Mahapengasih, terima kasih atas pertemuan yang telah kami laksanakan ini

U.          Bantulah agar kami mampu memaafkan diri sendiri dan orang lain

P.          Semoga kami menjadi orang muda yang bisa membagikan cinta kasih kepada sesama

U.          Dan dampingi kami agar mampu hidup dalam damaiMu

P.          Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, yang     hidup dan meraja bersama Dikau, dalam kesatuan dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. P+U.     Amin.

Leave a Reply