ArtikelKegiatanNewsOMK KAM

Misa Pemberkatan Salib Sumatera Youth Day (SYD) 2020

26 September 2019, Umat bersama sejumlah biarawan-biarawati mengikuti Misa Kudus  Pemberikatan Salib Sumatera Youth Day (SYD) di Kapel Seminari Tinggi Santo Petrus (STSP). Sejumlah Uskup dan Imam datang untuk mendukung Orang Muda Katolik melalui Misa Kudus tersebut. Para kaum muda yang ikut serta dalam Misa tersebut adalah kaum muda yang berasal dari empat paroki: Paroki St. St. Yosef, Jalan Sibolga, Paroki St. Laurentius Brindisi, Jalan Sibolga, Paroki St. Fransiskus Assisi, Jalan Medan, dan Paroki St. Petrus dan Paulus, Batu Lima.

Mgr. Aloysius Sudarso dalam kotbahnya mengetengahkan beragam kecemasan yang sedang dialami setiap insan di zaman sekarang. Uskup menguraikan bahwa kecemasan berasal dari dosa. Setiap instansi maupun lembaga, bahkan setiap orang memiliki kecemasan. Saat ini negara kita juga sedang memiliki kecemasan. sama halnya dengan gereja Katolik yang senantiasa memiliki kecemasan. Namun, kecemasan tidak akan membuat diri setiap orang mundur dan terhenti berusaha.

Kembali, Mgr Aloysius mengajak kaum muda bagaimana cara menanggapi kecemasan. Semua umat yang berdomisili di Sumatera harus bersinergi menuju masa depan. Misionaris yang memulai karya kerasulan di Sumatera ini menjadi tanggungjawab kita untuk meneruskan perjuangan mereka. Semua biarawan-biarawati bersama umat harus bekerjasama membangun Sumatera di masa depan. Kristus menjadi teladan hidup kita. Semangat dan militansi kaum muda tentu akan memberikan cerita baru menuju masa depan.

Masa muda adalah masa yang penuh peluang menjadi agen-agen kebaikan dengan semangat dan kerja keras. Kaum muda yang memiliki semangat heroik adalah jawaban yang sedang ditunggu dari kaum muda di Sumatera ini. Kaum muda yang militan dan berani menjadi hero kebaikan akan memberikan cahaya dalam perjalanan sejarah gereja, secara khusus di Sumatera ini. Kaum muda, suster muda, imam muda, dan para frater muda menjadi pembawa semangat bagi kemajuan gereja kita di masa depan. Dalam penutupan kotbahnya, Mgr. Aloysius Sudarso, Uskup Keuskupan Palembang menegaskan kembali bahwa kaum muda menjadi saksi Kristus yang wafat dan hidup kembali di tengah masyarakat.

RP. Alexander Silaen, OFM Cap, Ketua Komisi Kepemudaan (Komkep) Keuskupan Agung Medan mengajak setiap orang yang hadir agar menyaksikan pemberkatan Salib Sumatera Youth Day sembari mendengarkan Theme Song Sumatera Youth Day, serta memperkenalkan logog Sumatera Youth Day.

Edriana Marbun, salah satu utusan OMK dari Medan menyampaikan, “saya semakin bersemangat dengan adanya homili Uskup Palembang tersebut. Ternyata, OMK punya andil yang besar dalam gereja. Disisi lain, uskup juga mengajak kaum muda agar berani menjawab panggilan Tuhan sebagai penerus perjuangan para misionaris (imam dan suster). Hal ini tentu berdasarkan semangat Kristus yang wafat dan hidup kembali. Militansi dan ketangguhan ini juga menjadi tanggungjawab kaum muda meniti masa depan.”

Armando Sihaloho yang menyaksikan livestreaming Misa Kudus ini menyampaikan, “saya serasa mengikuti misa saat menyaksikan livestreaming ini. Yang paling utama adalah bahwa pesan Mgr. Aloysius Sudarso menjadi semangat baru bagi kaum muda di masa kini dan yang akan datang. Semangat terus kaum muda di seluruh dunia, secara khusus kaum muda di Sumatera.”

Leave a Reply